Gubernur NTB: MXGP Samota Hadirkan Multi Eksternalitas Pembangunan


Sumbawa-NTB, Media Dinamika Global.Id--
Memimpin Langsung Rapat Persiapan MXGP Samota-Sumbawa Tahun 2022, Gubernur NTB memastikan kesiapan pekerjaan dilapangan.


Dalam hitungan yang tak lama, kawasan Samota-Sumbawa akan menjadi saksi dilaksanakannya salah satu gelaran motor cross internasional kelas dunia yang akan diikuti para pembalap dari 20 negara. Untuk memastikan segala persiapan pelaksanaan MXGP Samota-Sumbawa, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah memimpin langsung rapat yang dilaksanakan di Aula Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa (25/04/22).

Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB tersebut menjelaskan bahwa keberadaan event international MXGP dan juga para pembalap di Sumbawa menjadi trigger untuk mengenalkan dan ‘menjual’ daerah kita ke mancanegara. “Kita harus bisa memberikan kesan yang baik dan mengagumkan kepada mereka, sehingga nantinya yang akan kita dengar adalah berita yang baik dari mereka (pembalap). Kita akan membaca semua postingan di media social bahwa Sumbawa is amazing. Sumbawa is beautiful," ucapnya.

Selanjutnya gubernur menegaskan, bahwa ini merupakan moment yang sangat baik untuk kita berbenah dan mempercantik daerah kita. “Kalau tidak ada MXGP kapan lagi jembatan Samota akan dipercantik, kalau tidak ada MXGP kapan lagi bandara kita akan diperbaiki, kalau tidak ada MXGP kapan lagi pelabuhan kita akan diperhatikan fasilitasnya, dan kalau tidak ada MXGP kapan lagi fasilitas pendukung bagi masyarakat di wilayah sekitaran Samota akan dilengkapi. Oleh karena itu, perlu dukungan dari semua elemen masyarakat untuk menyukseskan hajat besar kita bersama ini," tegasnya.

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, panitia daerah serta sejumlah pimpinan OPD terkait yang menangani langsung teknis perhelatan pada 24-26 Juni mendatang ini, terungkap bahwa nama resmi yang akan digunakan untuk event ini adalah “MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022”. Sedangkan nama resmi sirkuit yang diusulkan adalah “Samota Adventure Land”.

Pada sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 18 hektar dengan panjang mencapai 1800 meter tersebut akan dilaksanakan sejumlah gelaran balapan selama 3 hari berturut-turut mulai dari free-practice, babak kualifikasi, MX2, dan MXGP. Bentuk sirkuit yang bekelok seperti mangkok memberikan benefit tersendiri bagi para pecinta balap motor cross sebab penonton dapat menyaksikan jalannya balapan secara langsung dari semua sisi. Selain itu desin konstruksinya tetap memperhatikan kearifan lokal dimana tidak ada satupun pohon yang ada di lokasi sirkuti yang ditumbangkan.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lapangan MXGP yang juga merupakan Kadis PUPR Provinsi NTB – Ir.H.Ridwansyah, mengungkapkan bahwa pada tanggal 12 Mei mendatang akan dilaksanakan launching MXGP di Jakarta Convention Center serta beberapa promosi di kota-kota besar lainnya. Lebih lanjut dalam paparannya, Dae Ridwan sapaan akrabnya menjelaskan, untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, panitia lokal juga telah menyiapkan titik-titik pembelian tiket (ticket box) di 6 lokasi yang juga sekaligus akan dijadikan sebagai kantong parkir, yaitu: Taman Mangga, GOR Mampis Rungan, Stadion Pragas, Terminal Sumer Payung, Gedung DPRD, dan Lapangan Kodim," jelasnya.

Selanjutnya pada rapat koordinasi tersebut juga telah hadir perwakilan dari Rocket yang akan bertindak sebagai event organizer MXGP Samota-Sumbawa. Dalam penjelasannya diketahui bahwa event MXGP Samota-Sumbawa ini akan dibuat dalam bentuk festival, dimana akan ada sejumlah event pendukung yang merupakan rangkaian dari kegaitan selain balapan utama. Para penonton yang hadir dan datang menyaksikan balapan nantinya akan dimanjakan dengan sejumlah pagelaran mulai dari atraksi kembang api, barapan kerbau, pacuan kuda, dan akan ditutup dengan gelaran konser dari salah satu band papan atas Indonesia yaitu Slank pada hari ketiga. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar