NTB Satu Data, Ikhtiar Pemerintah Sediakan Data Sektoral Berkualitas bagi Masyarakat


Mataram, Media Dinamika Global.Id.- Mimpi besar Provinsi NTB memiliki wadah "Big Data” dari seluruh data sektoral, perlahan tapi pasti diwujudkan dalam Portal NTB Satu Data. Portal tersebut dapat dengan mudah di akses siapapun melalui laman, www.data.ntbprov.go.id.

Portal NTB Satu Data sendiri merupakan sebuah Portal Sistem Data Terbuka yang menyediakan data resmi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dihimpun dari berbagai Organisasi Perangkat daerah dan Pemangku Kepentingan lainya kepada masyarakat.

"Portal NTB Satu Data di bawah naungan Dinas Kominfotik NTB berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik Daerah NTB (BPS),  terus berupaya mengoptimalkan fungsi dari NTB Satu Data tersebut," tutur kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S. Sos, MM melalui kabid Statistik Najib, SH Kepala Bidang Statistik, Diskominfotik NTB, Rabu (30/3).

Kabid Statistik menjelaskan lebih jauh, Portal NTB Satu Data menerapkan standard tinggi dalam proses pengolahan hingga publikasi data. Ada dua standar penting yang harus dipenuhi OPD, yakni kualifikasi data prioritas dan data berkualitas.

Data prioritas merupakan data statistik sektoral dengan beberapa kriteria tertentu, seperti mendukung prioritas pembangunan dalam RPJMD dan telah disepakati bersama pada rapat forum data.

"Sementara data berkualitas merupakan data prioritas yang telah dilengkapi dengan standar data dan metadata. Itu harus sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia," jelas Najib. 

Dua parameter tersebut, dilanjutkan Najib, kemudian menjadi cakupan ketersediaan data terintegrasi yang merupakan persentase data statistik sektoral. Yang mana sumbernya berasal dari hasil kegiatan OPD lingkup Pemprov NTB pada tahun sebelumnya yang telah terpublikasi pada portal NTB Satu Data.

Tercatat sebelumnya, ada 85.09 terintegrasi, bahkan update terakhir sudah mencapai 100 persen dari data statistik sektoral yang diproduksi oleh OPD. Data tersebut yang telah dikumpulkan, diolah, dan dipublikasikan pada portal NTB Satu Data.

Portal NTB Satu Data, selain berisi data sektoral dari berbagai OPD dan stake holder terkait pembangunan NTB, ada juga program unggulan pemprov NTB dengan kedalaman data by name by address sampai pada tingkat desa dan dusun. Yang mana, sinergitas dan kolaborasi antar OPD untuk mendapatkan data yang berkualitas dan terpadu selalu dikedepankan oleh Portal NTB satu data.

Sumber: Diskominfotik NTB.
Editor: Pimred MDG.
Load disqus comments

0 komentar