Kasat Narkoba Polres Dompu Hadiri Seminar Publik di Kilo Dompu


Dompu-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Dialog publik dan deklarasi Desa bersinar (Bersih dari Narkoba, bersih dari Covid-19, dan bersih dari gangguan Kamtibmas dengan tema "MASA DEPAN PEMUDA DALAM CENGKRAMAN NARKOBA",  bertempat di Lapangan Volly Kambu Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu. Rabu, (2/2/) Maret 2022, pukul 09.30 Wita.

Ketua Panitia, Adi Ardiansyah,   S.Pd, menyampaikan selamat datang kepada wakil Bupati bersama rombongan, kegiatan hari ini terwujud didasari oleh pemikiran dalam rangka menyongsong pembangunan Pelabuhan Nusantara di kecamatan Kilo.

"Adanya keresahan masyarakat dengan beredarnya Narkoba yang sudah merajalela di Kecamatan Kilo, sehingga generasi Kilo tidak menjadi generasi Koli Kala (Cacing Tanah merah)," ungkapannya.

Ditambahkannya, Terkait dengan adanya vaksinasi kami mendukung karena itu merupakan program dari pemerintah.

"Vaksinasi sangat penting untuk menambah imun tubuh kita agar kita tidak terpapar virus Corona (Covid-19)," ujarnya.

Camat Kilo, Dra. Siti Nurnaimah mengucapkan, Terimakasih kepada generasi muda yang sudah mewujudkan ide-ide dan gagasan yang mengadakan kegiatan Dialog Publik hari ini sebagai bentuk kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat.

"Selamat datang  Wakil Bupati bersama rombongan sekaligus mengajak generasi muda, pelajar, dan orang tua untuk selalu waspada terhadap perkembangan generasi dalam  penyebaran Narkoba di Kecamatan Kilo," ucap Camat.


Sementara, Wakil Bupati Dompu sekaligus merupakan Ketua BNK (Badan Narkoba Kabupaten), Syahrul Parsan, ST, MT mengatakan, dalam  berkegiatan kita menghargai waktu, Pembangunan pelabuhan Samudra Kilo sedang dalam proses pengurusan ijin.

"Semoga bisa terwujud di Tahun 2023, Pembangunan pelabuhan Samudra ini tentu akan membawa dampak baik yang positif maupun pengaruh negatif untuk itu agar mulai dari sekarang kita semua mempersiapkan mental dan akhlak dengan baik," ujarnya.

Sambungnya, Kepada guru terlebih orang tua dan kepala desa agar lebih intens lagi mengawasi anak-anak kita terutama mengontrol pergaulan dan pengawasan penggunaan Handphone Android.

"Agar kegiatan anak-anak kita tetap  terpantau dan terawasi oleh kita," jelasnya.


Ketua BNN Kabupaten Bima, AKBP Hurri Nugroho, SH,. MH  menyampaikan, Kurangnya Konselor, ada anggapan dengan kurangnya pemberantasan oleh penegak hukum,  padahal pemberantasan itu hanya sebagian kecil bisa mempengaruhi penyebaran Narkoba, adapun hal lain yang bisa menghambat penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran adalah kegiatan seminar sebagai upaya pencegahan serta peran serta dari masyarakat dan keluarga.

"Di Lapas Dompu hampir 70 % adalah tahanan Narkoba, dirinya berharap agar Dikes lebih aktif memeriksa dan memonitor maraknya penjualan obat-obatan yang berindikasi mengandung unsur narkotika," ucapnya.

Kasat Narkoba Polres Dompu, IPTU Abdul Malik, SH, meminta peran aktif dari Masyarakat terkait dengan penanggulangan dan  pencegahan Narkoba untuk memberi informasi penyebaran Narkoba.

"Kami meminta masyarakat medukung aparat penegak hukum (Polisi) pada saat ada penangkapan bukan malah melawan dan menghadang," ungkapan.

Lanjutnya, Selain Sosialisasi dan seminar seperti ini untuk mencegah penyebaran Narkoba, kami juga secara aktif melaksanakan giat safari Jum'at ke tiap-tiap Masjid sekabupaten Dompu.

"Bagi pengguna Narkoba kami mengklasifikasikan ada 4 dampak ONG yakni, (1). Menjadi Penodong, (2). Menjadi Pembohong (3). Menjadi suka Bingung, dan (4). Menjadi Nyolong," pungkasnya.

Turut hadir, Wakil bupati Dompu sekaligus Ketua BNK (Badan Narkoba Kabupaten) Dompu, Ketua BNN Kab Bima AKBP Huru Nugroho, SH,.MH, Kadis Kesehatan, Wakil Ketua DPRD Kab. Dompu, Camat Kilo, Kades Se-kecamatan Kilo, Generasi muda dan pelajar SMP dan SMU. (MDG.001).
Load disqus comments

0 komentar