Wakil Bupati Dompu Membuka Secara Resmi RANWAL RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2023


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id. -Forum Konsultasi Publik Rencana Awal (RANWAL) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Dompu Tahun 2023, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT. Pembukaan acara dimaksud berlangsung Kamis (03/02/22) pukul 08.00 Wita – Selesai di Aula Bappeda dan Litbang dihadiri Sekda Dompu, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Setda, Sekretaris dan Kabid Lingkup OPD, Camat Se-Kabupaten Dompu dan elemen penting lainnya.

Mengawali sambutannya diacara ini, Wabup menyebut Forum Konsultasi Publik RANWAL RKPD merupakan agenda penting tahunan seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor86 Tahun 2017 dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan RANWAL RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2023.

“Pelaksanaan Konsultasi Publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakan Musrembang RKPD Tingkat Kecamatan yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 9 -10 Pebruari 2022”, papar Wabup.

Lanjut Wabup menjelaskan “Sebagaimana yang kita ketahui bersama penyusunan RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2023 merupakan tahun kedua dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026, dalam rangka  pencapaian visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

“Penyusunan RKPD Tahun 2023 harus lebih cermat dan terintegratif serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dan masyarakat Dompu secara cepat dan strategis”, tandasnya.

Berikutnya Wabup kembali menegaskan “Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, dimana proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan secara bersama-sama antar seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan sehingga bisa diciptakan singkronisasi antara dokumen RANWAL Renja Perangkat Daerah agar tercipta sinergisitas antara Perencanaan Pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten”, ungkapnya.

Hal penting lainnya yang disampaikan Wabup di momen ini adalah tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Dompu akan mengangkat 7 prioritas pembangunan dengan 13 sasaran daerah dan 33 indikator sasaran dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kata Wabup, perioritas tersebut adalah Pertama, Peningkatan Akuntabilitas, Profesionalitas dan Pelayanan Publik Daerah, Kedua Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Sektor Unggulan Daerah, Ketiga Peningkatan Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Keempat, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Kelima, Peningkatan Kualitas Infrastruktur Pelayanan Dasar Daerah, Keenam, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketujuh, Menjaga Stabilitas Keamanan dan Ketertiban.

Lanjut Wabup penetapan 7 perioritas tersebut merupakan bagian strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu untuk menjawab isu-isu strategis tahun 2023 yaitu; Kesatu, Tata Kelola Pemerintahan Belum Berjalan Optimal, Kedua, Rendahnya Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi yang Berkelanjutan dan Peningkatan Kesempatan Berusaha, Ketiga, Kualitas dan Daya Saing SDM masih dibawah rata-rata Provinsi dan Nasional, Keempat, Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan harus memperhatikan pembangunan harus memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan, Kelima, Nilai Kehidupan Masyarakat Yang Religius serta Pelestarian dan Pengembangan Budaya Lokal perlu mendapatkan perhatian yang serius dengan maraknya kenakalan remaja yang meningkat beberapa waktu terakhir dan Keenam, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup, Mitigasi Bencana Alam dan Pertumbuhan Iklim Perlu ditingkatkan.

Akhir dari penyampaiannya Wabup menyampaikan harapannya dalam penyusunan RKPD tahun 2023 agar aparatur di SKPD dapat menjawab setiap persoalan yang muncul dan bersikap terbuka.


“Dalam kesempatan ini saya berharap semua Pimpinan dan Aparatur di SKPD serta seluruh stakeholders untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, tetintegratif dan inovatif, RKPD harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur”, urainya.

Acara pembukaan oleh Wabup berjalan khidmat, aman, tertib dan lancar yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang langsung dipandu oleh Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra. (Prokopim/Gr.Ondy MDG )

Load disqus comments

0 komentar