Sebanyak 4.505 Pengunjung UPT Museum Asi Mbojo Tahun 2021


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id.-  Hasil rekapitulasi data pengunjung  sampai 31 Desember 2021, UPT Museum Asi Mbojo dikunjungi oleh 4.505 orang.Dibandingkan data kunjungan tahun 2020 sebanyak 3.604 orang, maka tahun 2021 terjadi peningkatan kunjungan ke UPT Museum Asi Mbojo sebanyak 901 orang. 

Pengunjung didominasi pelajar dan mahasiswa yang menyelesaikan tugas sekolah maupun kampus serta kegiatan wisata sejarah dan belajar bersama di Museum dalam program Inovasi Soba Asi atau Sahabat Museum Asi Mbojo yang telah dicanangkan sejak tahun 2020. 

Selama 2021 pengunjung  pelajar sebanyak 1.825 orang mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga SMA/SMK. Mahasiswa sebanyak 1.625 orang  yang didominasi kampus –kampus yang ada di kota Bima maupun Kabupaten Bima.

Pengunjung umum sebanyak 815 orang didominasi komunitas budaya dan seni serta pengunjung yang menggelar arisan dan reuni. Sepanjang 2021 terdapat 235 peneliti, seniman, fotografer dan videografer yang berkunjung dan membuat konten kreatif ke UPT Museum Asi Mbojo. Kunjungan Wisatawan asing masih sangat minim yaitu 5 orang sepanjang 2021. 

Pandemi Covid -19 menjadi kendala tingkat kunjungan di UPT Museum Asi Mbojo dimana pada bulan Juni-Juli 2021 museum sepi kunjungan akibat banyaknya warga yang terpapar covid-19. 

Menyiasati hal itu, UPT Museum Asi Mbojo gencar melakukan promo virtual melalui video dokumenter tentang Asi Mbojo maupun informasi sejarah dan budaya yang disebarkan melalui media sosial Facebook, Instagram maupun youtube Asi Mbojo dengan dukungan Dana DAK Non Fisik Museum 2021.

Kegiatan ini juga didukung oleh PT. Bank NTB Syariah Cabang Bima melalui video dokumenter tentang Wisata sejarah Di Jantung Kota Bima. 


Terima kasih atas dukungan semua pihak kepada UPT Museum Asi Mbojo. Terima kasih kepada sekolah dan kampus yang rutin mengunjungi Asi Mbojo. Terima kasih kepada komunitas Soba Asi dan para pemerhati sejarah dan budaya. 

Foto : Pembukaan Pameran Museum 2020 dan penandatanganan prasasti tiang kapal kerajaan Bima. 

( Informasi ini resmi disampaikan pihak UPT Museum Asi Mbojo melalui Kepala UPT Museum Asi Mbojo Ruslan, S.Sos )

Load disqus comments

0 komentar