Penyaluran Bansos Progres Lansia Tahun 2021 Melalui LKS-LU di Kabupaten Dompu


Dompu-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia ( Progres LU ) merupakan program dari Kementerian Sosial RI Melalui Balai Rehabilitasi Sosial " GAU MABAJI " Bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan tanggung jawab sosial lanjut usia, Esensi rehabilitasi pemulihan dan pengembangan diberikan kepada lanjut usia yang mengalami disfungsi sosial, dengan tujuan untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar. Outcome dari semua proses Progres LU bertujuan untuk mengembangkan fungsi sosial ( fungsional ablity ) hingga usia lanjut  sehingga dapat kembali ke Masyarakat.

Pada masa Pandemi Covid-19 Bantuan Sosial Progres LU melakukan upaya strategi dan terarah, dalam pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial lanjut Usia Tahun 2021 dengan harapan memenuhi kebutuhan lanjut usia pada situsi darurat akibat meluasnya wabah corona Covid-19.

Tahun 2021 Mekanisme Penyaluran Progres LU Melalui Balai Rehabilitasi GAU MABAJI Kemudian transfer tunai ke rekening Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS- LU ) yang ada di Kabupaten Dompu  Sebagai Lembaga yang melaksanakan proses penyampaian kepada lanjut usia penerima manfaat. Penerima adalah lanjut usia 60 tahun, miskin, potensial dan non potensial, adapun nominal bantuan Rp.2.400.000/lansia.

Yayasan Loa Dompu ( YLD ) Lembaga LKS-LU yang beralamat di Kelurahan Dorotangga Dompu dan LKS-LU SAMA LAMPA di Desa Dorebara Telah Melakukan Penyaluran bantuan dimaksud Terhadap Penerima Manfaat Sesuai Dengan Prosedur yang telah ditentukan.

Berdasarkan keterangan langsung dari Pengelola LKS LOA DOMPU Ibu HARTATI, SE menyampaikan, Jumlah Penerima manfaat yang di kelola olehnya sebanyak 60 Lansia.

Untuk di ketahui bahwa LKS yang Kami kelola Jumlah Penerima manfaat nya sebanyak 60 orang, Dan mekanisme Pencairannya ada Dua Kali melalui Bank Penyalur Yaitu Bank Mandiri dan Bank BRI, untuk Tahap Pertama Melalui Bank Mandiri telah kami Salurkan Sebanyak 44 Lansia, Sementara Untuk tahap kedua Oleh Bank BRI.

 "Insya Allah Minggu depan Akan di salurkan Melalui Bank BRI" ungkapannya.

Di tempat terpisah Pengelola LKS SAMA LAMPA Dorebara M.Al Amin Menyampaikan hal yang sama, menurutnya Bahwa LKS yang di kelola olehnya Jumlah Penerima manfaat Sebanyak 49 orang dengan rincian pencairan tahap pertama Sebanyak 29 orang kemudian masih ada 20 orang yang akan kami tindak lanjuti untuk disalurkan kepada penerima manfaat "

"Semoga Tidak ada kendala pencairan di tahap kedua nanti sehingga kami bisa menyalurkannya kepada lansia," pungkasnya. (Bang Surya MDG).

Load disqus comments

0 comments