Wabup Dahlan Pimpin Apel Gelar Pasukan "Operasi Lilin Rinjani 2021"


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id.- Menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Kepolisian Resort Bima menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi  Lilin Rinjani 2021, bertempat di Lapangan Apel Polres Bima dan bertindak sebagai pimpinan Apel Wakil Bupati Bima, Drs. Dahlan M. Noer. Kamis (23/12/2021).

Hadir pada Apel Gelar pasukan ini, Kapolres Bima Kabupaten AKBP. Heru Sasongko, SIK, Kepala Staf Kodim 1608 – Bima, Mayor Inf. Yudha Bhakti Irawan, Wadanyon Sat Brimob Den A Bima, Unsur FORKOPIMDA dan Kepala Perangkat Daerah terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima.

Wakil Bupati yang membacakan Amanat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo M.Si, mengatakan, "Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan Perayaan Natal tahun 2021 dan tahun Baru 2022, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemerintah daerah dan mitra Kamtibmas lainnya". Kata Wabup merilis pernyataan Kapolri.

Kepada para personel apel gelar Dahlan menyampaikan sejumlah pesan, Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Wabup juga mengingatkan agar personil melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional dan humanis, serta berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan body sistem.

Disamping melaksanakan penegakkan hukum secara profesional dan proporsional, serta lakukan tindakan tegas namun humanis terhadap setiap pelanggar hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Pada bagian akhir, Wabup menginstruksikan agar memantapkan kerja sama sinergi dan soliditas, para pihak yang terlibat demi keberhasilan demi pelaksanaan operasi, serta tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,mencegah penyebaran Covid 19, yaitu mencuci tangan dan memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Selama 10 hari, polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021, mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, dengan melibatkan sebanyak, 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil Instansi terkait lainnya, yang disebar pada, 1.607 pos pengamanan di seluruh Indonesia.

Apel gelar Operasi Lilin  Rinjani 2021 ini, diikuti oleh satu Peleton Personil Kodim 1608/ Bima, satu Peleton Brimob Den, A Bima, satu Peleton Danmas, satu Peleton Patmor, satu Peleton Satlantas, satu Peleton gabungan Staf, satu Peleton gabungan Sat. Intel, Sat Reskrim, Sat Narkoba, satu Peleton Sat Pol. PP, BPBD, dan Basarnas, (MDG. 002.)

Load disqus comments

0 comments