PELANTIKAN LAMDO, BUPATI : MARI BAGUN SINERGI KERJASAMA DAN KEBERSAMAAN


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id.-Beberapa saat yang lalu Organisasi Masyarakat Donggo Dompu melakukan kegiatan Pelantikan dan Penyumpahan Jabatan salah satu Organisasi yang Rasa nasional. Sejatinya, sebuah organisasi kemasyarakatan didirikan untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam mendukung tumbuh kembangnya organisasi masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD, Forkopimda Dompu, Sekda, kepala SKPD Lingkup Pemda Dompu serta tokoh agama dan masyarakat menghadiri pelantikan Lembaga Adat Masyarakat Donggo (Lamdo) Dompu Masa Bakti 2021-2026 yang dilaksanakan di Pandopo Bupati, Rabu (24/11/2021).

Seperti Pantauan Media ini bahwa Kegiatan Pelantikan itu berjalan Tertib,aman,dan lancar yang dalam kesempatan itu disambut baik Oleh Bupati,Wakil Bupati,Prokopimda dan Para Pengurus LAMDO yang nantinya akan dilantik secara bersama di Gedung Aula Pandopo Bupati Dompu ini.

Pada acara tersebut, Bupati Dompu Kader Zaelani mengajak semua organisasi kemasyarakatan, khususnya Lamdo untuk mampu membangun sinergi, kerjasama dan kebersamaan mendukung program kerja pemerintah melalui Jara Pasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan).

“Mari kita sama-sama membangun daerah ini, sehingga terwujudnya Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera Unggul dan Religius) dan program NTB Gemilang yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTB,” ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengajak semua organisasi untuk melahirkan inovasi dan kreatifitas terbaik dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah.
“Adat dan budaya harus dapat kita jadikan sandaran untuk menjemput kemenangan, kegemilangan dan kemajuan bersama,” kata Bupati.

Kepada kepengurusan Lamdo yang baru, Bupati berpesan untuk menjunjung tinggi adat dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat serta menerapkan nilai budaya untuk kemaslahatan bersama, dengan mengimplementasikan kearifan lokal.

“Organisasi harus menjadi tali pengikat dan payung pemersatu dalam  menjawab berbagai persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat,” ujar Bupati.

Tokoh Agama dan Masyarakat Adat Donggo yang menghadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Lamdo Masa Bhakti 2021-2026.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE. M.SC juga berpesan agar setiap organisasi kemasyarakat dapat perperan aktif mendukung program kerja pemerintah.

“Lamdo harus ikut berpartisipasi dalam menghijaukan hutan di 3 wilayah (Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima, red),” ujar Bang Zul sapaan akrabnya.
Dalam mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Suku Donggo, Gubernur berjanji akan memberikan biasiswa Study Engineering (jurusan teknik, red) ke luar negeri kepada 10 mahasiswa yang berasal dari Suku Donggo.

Gubernur kembali berpesan, Lembaga organisasi kemasyarakatan harus mampu memanusiakan manusia dengan cara terus menjalin silaturrahim untuk kemaslahatan bersama.

“Organisasi jangan dijadikan untuk kepentingan politik, tapi harus dijadikan wadah untuk berkumpul dan bersilaturrahim membangun persaudaraan yang kokoh,” ajaknya.

Sebelumnya, Ketua Lamdo Dompu Muh. Irwan berjanji akan membangun solidaritas dan kebersamaan serta membela dan memperjuangkan kepentingan yang berkeadilan tampa diskriminasi guna mencapai tujuan bersama masyarakat Etnis Donggo.

“Kami akan terus memperjuangkan persatuan dan kesatuan Bangsa yang tetap bermitra dengan pemerintah, aparat penegak hukum maupun lembaga partai politik, lembaga kemasyarakatan lainya maupun dengan insan pers,” ujarnya yang diakhiri dengan kesiapan untuk mendukung Program Dompu Mashur dan NTB Gemilang.

Dari pantauan lanngsung, pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Penasehat Lamdo Dompu Drs. Sanusi H. Rasyid dengan Tema Optimalisasi Peran Lamdo Memperkokoh Persatuan Donggo dalam menyukseskan Dompu Mashur menuju NTB Gemilang, berlangsung dengan aman dan lancar. (Baprokopim)

Load disqus comments

0 komentar