Kasubag Humas DPRD Kabupaten Kendal Anak Tirikan dan Permainkan Wartawan Putra Daerah


Kendal Jateng. Media Dinamika Global. Id. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal adalah perwakilan dari masyarakat warga Kendal tanpa kecuali. Seperti biasa DPRD Kabupaten Kendal setiap tahunnya mengadakan acara Presstour bersama masyarakat Kendal yang berprofesi sebagai Wartawan, LSM, Ormas. Dalam rangka menjalin kemitraan dan kerjasama dengan humas DPRD Kendal akan melaksanakan kegiatan kemitraan jalan jalan ke Yogyakarta tanggal 28 s/d 30 November 2021.

Akan Tetapi sungguh sangat disayangkan  ternyata untuk bisa diakomodir dalam acara tersebut Humas DPRD melalui Kasubag Humas mempunyai syarat yang tidak jelas dan sulit dipahami, Kasubag Humas Winggar ternyata tunduk dengan oknum wartawan yang tergabung di Organisasi tertentu. Padahal sudah jelas uang ratusan juta untuk acara  jalan jalan berasal dari uang negara,  bukan uang organisasi.

Saat ditemui oleh Wartawan Perwakilan Jawa Tengah media terkininews.com Kasubag Humas DPRD mengatakan" saya ambil data perserta acara tersebut dari Kominfo Kendal," jelasnya. Padahal jelas ada wartawan yang belum masuk Kominfo tetap bisa ikut acara tersebut. 

Kemudian dia mengatakan "jika Sampean mau ikut selesaikan dulu masalah anda dengan PWI Kendal, 'jelasnya.

Setelah Wartawan terkininews.com mendatangi Kantor DPRD Kendal hingga 5 kali bertemu dengan Kasubag Humas DPRD memberikan keterangan dan alasan yang tidak masuk akal, seakan akan uang yang dipergunakan untuk jalan jalan itu milik oknum wartawan yang tergabung di organisasi tertentu, bukan milik Negara sehingga peserta yang ikut harus seijinnya.  Kasubbag Humas DPRD Kabupaten Kendal juga tertutup tidak transparan/terbuka terkait data peserta yang ikut.

Padahal beberapa hari yang lalu Wartawan terkininews.com juga sudah datang ke Gedung DPRD Kendal bertemu dengan Winggar selaku Kasubag Humas, oleh Winggar diajak menemui Kabag Umum Arif. Dari hasil pertemuan tersebut Arif menyampaikan kepada Winggar, bahwa Humas DPRD harus mempunyai data sendiri jangan terpaku dengan data Kominfo atau data organisasi wartawan, karena kerjasama itu tentunya dengan Media/wartawan bukan dengan organisasi,  jangan sampai DPRD Kendal terkesan Mengotak ngotakkan wartawan ataupun organisasi , karena belum tentu yang terdaftar  dikominfo ada di DPRD Kendal,  belum tentu juga data yang ada di DPRD ada dikominfo ,  Humas DPRD harus memiliki data sendiri, "jelas Arif selaku Kabag Umum DPRD Kendal.

Tetapi anjuran dari Kabag umum Arif tersebut tidak diindahkan bahkan terkesan Kasubag Humas DPRD Kendal Winggar mempermainkan Wartawan terkininews.com yang sudah berkali kali mendatangi kantor DPRD Kendal.

Saat ditanya syarat untuk ikut menjadi peserta acara tersebut Kasubag Humas tidak bisa menjawab pastinya, saat diminta data peserta yang ikut ia mengatakan dalih datanya masih berada di SEKWAN dan humas DPRD Kendal belum punya data sama sekali.

Pada hari Selasa sore tanggal 23/11/2021 wartawan terkininews.com akhirnya mendapat persetujuan dari  Kasubbag Humas DPRD Kendal untuk bisa ikut acara perstour dan sudah dimintai No rekening, akan tetapi wartawan terkininews.com benar benar kaget, pada hari Kamis pagi tanggal 25/11/2021 Kasubag Humas DPRD Kendal memberi kabar dengan mengirim pesan watsap kepada wartawan terkininews.com bahwa untuk acara besok tidak bisa ikut 

Adapun pesan Watsap yang dikirim kepada wartawan terkininews.com dari Kasubag Humas Kendal adalah :

Pagi bpk...mohon maaf dgn keikutan bpk ....ada pihak2 dari pwi yg keberatan karena masalah kemarin...jadi kmi sudah berusaha .. tolong selesaikan baik2 dengan pwi...kami tunggu kabarnya... alangkah baiknya bisa ke ktr dprd bersama salah satu perwakilan dari pwi jika jika sudah selesai masalahnya... terima kasih...mohon maaf sekali lagi

Jgn Sekretariat jadi pengambil keputusan...kami ngk mau acara ini gara2 1 orang jadi begini.. tolong selesaikan baik2 dgn rekan2 pwi.

Padahal Wartawan tekininews.com secara resmi sudah membuat surat  pernyataan pengunduran diri dari keanggotaan PWI Jateng bermaterai Rp 10.000 dan sudah di kirimkan kepada Ketua PWI Jateng Amir Mahmud dan Sekretaris PWI Jateng Iwan Kelana sejak Selasa siang 23/11/2021

Itu artinya wartawan terkininews.com resmi bukan anggota PWI lagi,  jadi pihak oknum oknum anggota PWI Kendal tidak punya kewenangan lagi untuk intervensi atau mencekal wartawan terkininews.com dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh DPRD Kabupaten Kendal dan instansi manapun. Jika ada perselisihan atau permasalahan antara oknum-oknum  PWI Kendal dengan wartawan terkininews.com sama sekali tidak ada hubungannya dengan acara yang diadakan oleh DPRD Kabupaten Kendal. Itu masalah pribadi atau internal, jika itu yang terjadi berarti Kasubag Humas DPRD Kendal tunduk dengan oknum-oknum PWI Kendal.

Wartawan terkininews.com akhirnya membuat surat secara resmi mengajukan klarifikasi resmi terkait kegiatan jalan jalan yang diadakan oleh DPRD Kendal ditujukan kepada Kasubag Humas DPRD Kendal tembusan Ketua DPRD Kendal pada hari Kamis 25/11/2021 siang dengan meminta bukti tanda terima surat .

Wartawan terkininews.com juga sudah datang ke Kantor persroom PWI Kendal Kamis 25/11/2021 pukul 15.00 wib bertemu dan bicara langsung dengan Wakil Ketua PWI Kendal Sapawi,  karena Ketua PWI Kendal tidak ada ditempat, menitipkan pesan untuk disampaikan kepada ketua PWI Kendal beserta seluruh Anggotanya, Wartawan terkininews.com juga menitipkan surat kepada Ketua PWI Kendal yang diterima langsung oleh Sapawi selaku  Wakil Ketua PWI Kendal. Adapun isi amplop surat tersebut adalah :

1. Id Card PWI Jateng.

2. Surat pernyataan pengunduran diri dari keanggotaan PWI Jateng.

3. Surat Permohonan Maaf  terkait perselisihan dan  permasalahan apapun Kepada Ketua PWI Kendal beserta seluruh Anggotanya. 

4. Bukti print whatsapp dari Kasubag Humas DPRD Kendal

"Pada hari Jum'at jam 8.00 pagi 26/11/2021 Winggar memberikan undangan bisa mengikuti acara tersebut yang artinya Wartawan terkininews.com telah diakomodir, tapi ternyata pada hari Sabtu siang 27/11/2021, Winggar membatalkan keikutsertaan Wartawan terkininews.com dengan mengirim pesan Whatssap yang berbunyi di bawah ini

"Jumat sore tanggal 26/11/21, Setwan DPRD Kendal menerima kedatangan sejumlah wartawan yg membahas beberapa hal terkait rencana kegiatan press tour (kemitraan humas).

Diantaranya, terkait Pak Suroto. Disampaikan, bahwa PWI Kendal sudah menerima permohonan maaf dari Pak Suroto. Namun untuk keikutsertaan Pak Suroto dalam kegiatan press tour kali ini, disampaikan bahwa teman2 wartawan tidak setuju jika pak Suroto diikutkan. 

Sebagaimana yg sdh kami sampaikan sebelumnya, kami bisa mengakomodir permintaan pak Suroto untuk bisa ikut press tour, selama persoalan dgn pihak lain telah terselesaikan/ tidak ada keberatan dari pihak lain. 

Untuk itu, demi kelancaran kegiatan ini, kami memutuskan belum bisa mengakomodir pak Suroto. Mohon bisa dipahami," jelas winggar melalui pesan Watsap.

Wartawan terkininews.com juga menyampaikan " bahwa Kasubag Humas DPRD yang tidak tau akan tupoksi nya justru membuat Wartawan merasa dirugikan Karena Kasubag Humas DPRD Kendal mencoret saya sebagai peserta dengan alasan ada masalah dengan oknum anggota PWI Kendal, Sungguh alasan yang tidak mendasar, padahal saya sudah menyerahkan data diri data media lengkap sejak akhir tahun 2020, "ucapnya. 

"Kasubag Humas DPRD Kendal bisa belajar dari pengalaman sehingga dapat melaksanakan tupoksinya sebagai Kasubag Humas DPRD Kendal, sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi dan menimpa Wartawan lainnya dan bisa bersikap netral, karena sebagai pejabat publik digaji oleh negara bukan digaji dari oknum wartawan ataupun oknum organisasi. 


Wartawan terkininews.com juga menegaskan " Winggar itu Pejabat publik yang menjabat sebagai Kasubag Humas DPRD digaji oleh Negara jangan plin-plan dan mempermainkan wartawan warga Kendal hanya demi oknum oknum wartawan yang tidak suka. Acara Presstour Duit Negara bukan duit oknum wartawan atau oknum organisasi tertentu, "tegasnya

Wartawan terkininews.com juga berharap Semoga Ketua DPRD Kendal selaku wakil rakyat bisa mengambil sikap bijaksana dan memberikan solusi terbaik, hal semacam pengucilan, pencekalan, mendiskriminasikan ataupun memboikot itu tidak baik. "harapnya.

" Karena Semua Wartawan  Kendal baik yang bernaung di Organisasi PWI atau bukan berhak mendapatkan kerjasama dan mengikuti kegiatan kemitraan DPRD Kendal dengan wartawan, karena kerjasama terjalin antara DPRD Kendal atau instansi dengan media bukan dengan organisasi wartawan, "pungkasnya.(Red)

Load disqus comments

0 komentar