Pokja IV TP PKK Kabupaten Dompu lakukan kegiatan Sosialisasi Pola Ibu Asuh di Wilayah Lokus Stunting


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id. "Pokja IV TP PKK Kabupaten Dompu lakukan kegiatan Sosialisasi Pola Ibu Asuh di Wilayah Lokus Stunting". Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Lila selaku Ketua Pokja IV TP PKK Dompu saat kegiatan Sosialisasi Pola Ibu Asuh Diwilayah Lokus Stunting Tingkat Kabupaten Dompu oleh Pokja IV TP PKK Kabupaten Dompu beberapa hari yang lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Perwakilan dari Bappeda, Dinas Kesehatan, DPPKB, DPMD, Kepala UPTD Puskesmas, Kepala UPTD PPKB, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan Dompu, Woja dan Pajo, Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan  perwakilan Desa Lokus Stunting antara lain Desa O'o, Kel. Kandai satu, Kel. Dorotangga, Desa Mumbu, Desa Serakapi serta Desa Jambu. Dengan narasumber kegiatan dr.suryani malik, M.Sc, Sp.A. dan Annisa RF., M. Psi.

Pada kegiatan tersebut menghasilkan beberapa item Rencana Tindak Lanjut (RTL) pasca kegiatan sosialisasi, di antaranya : 1. Ibu Kades dibantu oleh PKK Desa wajib memiliki anak asuh minimal satu anak. 2. Data tumbuh kembang anak asuh wajib dilaporkan di Puskesmas sesuai wilayah tembusan TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten. 3. Lintas Program dan Lintas Sektor Wajib mendukung kegiatan ibu asuh. 4. Monitoring dari TP PKK secara berjenjang. 5. Evaluasi dari TP PKK secara berjenjang. 6. Penghargaan khusus bagi ibu asuh yang berhasil mengatasi masalah pada anak asuh.

"Ada enam point' RTL yang di hasilkan dari kegiatan tersebut yang dijadikan sebagai komitmen bersama" tandas dr. Lila

#Dompu Mashur

#PKK jaya

#Ketua Pokja IV Lila Habsyi

Load disqus comments

0 komentar