Waka Polres, Kasi Humas mengikuti Pelatihan Jurnalistik dengan Mahasiswa di KSB


Sumbawa Barat-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Kabupaten Sumbawa Barat sukses menggelar pelatihan jurnalistik mahasiswa di Kedai Sawah Komplek KTC, Kecamatan Taliwang, Minggu (12/9). 

Agenda tersebut dilaksanakan untuk memberikan ilmu dasar jurnalistik kepada para mahasiswa Cordova Sumbawa Barat. Bertema "Pentingnya Pers Kampus Dalam Pergerakan Mahasiswa", kegiatan berlangsung lancar dan sukses. 

Ketua DPC SPRI Sumbawa Barat, Sudirman Bogie saat memberikan sambutan dalam acara tersebut mengatakan bahwa pelatihan ini adalah cara mengenalkan jurnalistik dasar kepada para mahasiswa agar menjadi seorang jurnalis handal. 

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. Acara ini tidak lain adalah untuk mengajarkan tentang karya jurnalistik kepada para mahasiswa," katanya.

Kegiatan ini, tambah Sudirman Bogie, merupakan ikhtiar untuk melatih mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang jurnalistik. 

Sementara itu di waktu yang sama, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin SSos, juga memberikan arahan kepada mahasiswa yang hadir, agar tetap semangat mempelajari ilmu jurnalistik. 

Ia mengatakan bahwa profesi jurnalistik ini adalah profesi yang mulia, karena memberikan informasi sesuai fakta yang sangat dibutuhkan oleh publik. 

"Saya berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para peserta, sehingga dapat menjadi seorang penulis profesional yang sesuai dengan kode etik jurnalis," kata Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin SSos melalui Kasi Humas Ipda Eddy Soebandi SSos di Taliwang, Minggu.

Ia berharap, para mahasiswa ini menjadi masa depan penerus bangsa. Khusus di bidang jurnalis. ia juga meminta agar para peserta serius mengikuti pelatihan sehingga ilmu yang diberikan dapat diserap dengan baik.

"Seorang jurnalistik harus terus mengasah kemampuannya agar dapat menjadi profesional, berkualitas dan berani menunjukkan karya nya serta jujur dalam memberikan informasi,"katanya.

Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi momentum untuk para mahasiswa dalam mengembangkan diri, apalagi saat ini ilmu teknologi semakin berkembang, informasi hoax banyak terjadi. Sehingga butuh seorang jurnalis yang mengerti kode etik jurnalistik.

Dalam acara pelatihan tersebut, empat pemateri memberikan materi dasar tentang jurnalistik yang berbeda-beda.

Materi pertama disampaikan oleh salah satu wartawan senior yaitu Andy Saputra yang menyampaikan tekhnik berita investigasi. Sementara pemateri kedua adalah Indra Irawan yang memberikan ilmu tentang pers di era digital.

Dua pemateri lainnya yaitu Erry Satriawan SH, yang menyampaikan tentang peran pers dalam penegakan hukum. Sementara pemateri terakhir yaitu Roy Marhandra yang menyampaikan Seputar tentang sinergitas antara media dengan pemerintah daerah.

Pelatihan jurnalistik juga dihadiri oleh Kasubbag Prokopim Setda Sumbawa Barat, Roy Marhandar, Kasi Intel Kejari Sumbawa Barat, I Nengah Ardika, Dan Unit Intel Kodim 1628/SB, Letda Syaiful, para pemateri, wartawan, dan sejumlah mahasiswa.(MDG.**).

Load disqus comments

0 komentar