Menteri Desa Kunjungi Lampung Pantau Ternak Sapi dan Ayam dikelola KPT Desa Wawasan


Lampung. Media Dinamika Global. Id. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi didampingi oleh Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi DDTT dan Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi melakukan kunjungan kerja ke Lampung Selatan, Provinsi Lampung untuk meninjau peternakan sapi dan peternakan ayam yang dikelola oleh masyarakat diantaranya melalui Koperasi Produksi Ternak (KPT). 

Selain usaha peternakan berupa penggemukan dan pengembang biakan, salah satu peternakan yang dikelola KPT di Desa Wawasan juga mulai menginisiasi usaha penyediaan biogas sebagai sumber energi.  Rabu (08/09/2021) 

Saat melakukan peninjauan, Gus Menteri juga berdiskusi bersama para peternak terkait usaha peternakan yang dilakukan.

Peternakan merupakan salah satu sektor yang potensial untuk dikembangkan di desa. Banyak kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan dari sektor peternakan mulai dari pembibitan, pengembang biakan, produksi hasil olahan pertanian seperti abon hingga kegiatan lain yang masih berhubungan seperti eduwisata peternakan dan produksi biogas. 

Oleh karena itu, BUM Desa/ma dapat mengambil peran untuk menjadi konsolidator kegiatan-kegiatan peternakan yang ada di desa sehingga dapat meningkatkan skala ekonomi peternakan saat ini menjadi lebih baik. 

Selain bermitra bersama masyarakat, BUM Desa juga dapat bermitra dengan perguruan tinggi dan pemerintah untuk pengembangan kegiatan usahanya. Belajar dari KPT Maju Sejahtera di Desa Wawasan, Lampung Selatan, BUM Desa juga harapannya dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha ekonominya agar mampu mendorong ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Sumber: Kemendes RI.(Team MDG).

Load disqus comments

0 komentar