Lurah Sambinae dan Mahasiswa KKN STIE dan STISIP Mbojo Turut Nanam Pepaya Kalifornia


Sambinae Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. Pada Minggu pagi 05/09/2021 Kepala Kelurahan Sambinae Kota Bima bersama Pendamping Petani Pepaya  Kalifornia, melakukan Kegiatan Penanaman Pohon Pepaya yang dihadiri oleh Ketua RT 06, Mahasiswa KKN STIE dan STISIP Mbojo Bima, Cukup Antusias bagi Pemilik Lahan sekitar untuk memulai menanam Tanaman Pepaya tersebut. Kegiatan direncanakan terlebih Dahulu oleh seorang bernama Bang Juli yang sudah berhasil meraih keuntungan beberapa bulan terakhir ini.

Dalam Melakukan Penanaman Lanjutan Pepaya Kalifornia Masing-masing mendapatkan sebanyak 100 pohon di yang akan di berikan pada  So Lakakapi di Kelurahan Sambinae, kemudian bersama bang Juli melakukan pemantauan di Kebun Pepaya Kalifornia yang ditanam terdahulu di Lokasi sebelah Timur arena Pacuan Kuda. Dan Alhamdulillah Pertumbuhan Pepaya lumayan baik.

Puluhan Mahasiswa dan Mahasiswi dari Berbagai Perguruan Tinggi di Bima,Sebut saja Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi(STIE)Bima dan Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP)Mbojo turut melakukan Kegiatan dalam rangka Menanam Pepaya Kalifornia sebagai bagian dari Usaha UMKM,Meningkat kan Ekonomi Masyarakat era 5.0 ini.

Kepala Kelurahan Sambinae Drs.Amiruddin Mengatakan Rasa Haru,Bangga,dan berterimakasih kepada semua komponen terutama kepada adik-adik Mahasiswa dan Mahasiswi dari Berbagai Perguruan Tinggi di Bima,ada dari STIE,STISIP dan juga para Ketua RT yang paling special lagi kepada Bang Juli pemilik Lahan yang lain Luas juga sebagai Petani Sukses dan berhasil menambah Ekonominya denfan Omzet yang cukup memuaskan.

Tentunya dalam kegiatan ini,kami dari pihak Pemerintah Kelurahan Sambinae bersama dengan para Petani yang ada di sekitar Wilayah ini akan terus melakukan Kegiatan sebagai Upaya menciptakan Lapangan Pekerjaan,juga menambah Ekonomi di tengah mewabahnya Virus Corona ini.

Kemudian saya juga ingin sampaikan bahwa Lahan yang tersedia sangat Banyak dan di awal dengan sistem Pengelolaan yang koprenship sehingga pada setiap RT dibagi dalam 100 Pohon,lalu Masing-masing RT mengajak Warganya untuk menanam sesuai dengan Pola Tanam yang telah dianjurkan Pemerintah yaitu Pola Tanam dengan Jarak 2 atau 3 Meter Per Pohonnya. Seperti kami yang sudah menanam Pohon Pepaya pada Ujung Timur pada bagian timur Lapangan Pacuan Kuda.

Lurah berharap agar kita semua bisa lebih memahami arti pentingnya sebuah Usaha yang dapat menghasilkan Uang. Ini juga bagian dari berbicara masalah Ekonomi. Bebernya 

Sementara itu salah satu Mahasiswi STIE Bima Della Saputri dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa dalam rangka membangun Sumber Daya Ekonomi tidak selamanya harus memiliki Modal sendiri atau dengan kata lain harus memiliki Uang dulu baru kemudian Membuka Usaha. Usaha menanam Pepaya ini juga adalah bagian dari Usaha yang dapat menghasilkan Omzet yang sangat memuaskan nantinya,walaupun menanam ini membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi paling tidak ada Usaha yang Insyaallah pasti akan membuahkan hasilnya.

Della mencontohkan selaku Pegiat Ekonomi tentu melihatnya,berusaha tidak semuanya harus memulainya dari yang besar tetapi yang paling esensi adalah memulainya dengan yang paling kecil,seperti membuat Kue yang terbuat dari Terigu,Membuat Jus yang terbuat dari Srikaya dan juga dari Pepaya ini.

Dan ini sangat ditentukan oleh adanya kemauan untuk berusaha bagaimana bisa menghasilkan Uang,apalagi saat ini situasi Bangsa dan Negara dilanda oleh kefakuman akibat Pandemi yang orientasinya menyerang kita dari sektor Ekonomi,Sebut saja ada Usaha kita namun sedikit saja yang membeli. Kita ingin Produk kita lancar tetapi itu tadi Konsumennya kurang.

Nah ini juga sebagai pemicunya,demikian pula apa saja yang kita ingin usaha besar,selalu ada saja penghalangnya. Apa penghalangnya?Maka jawabannya faktor yang paling utama adalah tidak ada Uang untuk membelakannya karena Corona. Untuk itu,menurut Della salah satu Mahasiswi yang sedang melakukan Kegiatan KKN pada Semester 7 ini kita harus memulainya dari yang paling kecil.

Jangan bilang dagangan Kecil tidak membuahkan hasil,yang pasti apapun Usaha ini akan membuahkan hasil yang terpenting ada Niat kita untuk terus berusaha seperti Menanam Pohon Pepaya ini juga. Ajaknya.(Team MDG).

Load disqus comments

0 komentar