Kepala KUA Kecamatan Soromandi Giat Lakukan Pembinaan CATIN di Aula Kantornya


Bajo Soromandi. Media Dinamika Global. Id. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Soromandi Giat Lakukan Pembinaan Calon Pengantin (CATIN )di Aula Kantornya. Pembinaan Calon tersebut sebagai Upaya untuk memberikan Pemahaman sebagaimana dalam ketentuan Undang-undang Tahun 1971 tentang Nikah,Kewajiban,dan Tugas serta Tanggungjawab. Kegiatan itu dihadiri oleh Semua Pegawai Lingkup KUA,Calon Pengantin.

Kegiatan itu diawali oleh Pembacaan Al-Quran oleh Pasangan Catin,dengan demikian kami biasakan agar mereka dapat mempelajari dan Memahaminya dengan baik lalu Kemudian diterapkan pada Masyarakat. Insyaallah Tahun ini Sebanyak Ratusan orang atau Catin dari seluruh Desa se-Kecamatan Soromandi yang melakukan Nikah dan yang terbanyak Menikah berada diluar dengan Mekanisme setiap Catin Langsung menyetor sendiri Uangnya.

Kegiatan itu berlangsung di Kantor Aula Kantor KUA Kecamatan Soromandi Kab.Bima NTB. Dimulai sejak Pukul 08.00 Wita hingga selesai dan Alhamdulilah berjalan lancar,tertib,dan aman.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Soromandi H. Muhsanan,S.Pdi disela Pemberian Arahan kepada Para Calon Pengantin (Catin) banyak menyinggung agar setiap Catin selalu membiasakan Diri untuk Membaca Alquran sebagai Pedoman Hidup bagi Umatnya. Demikian juga,diharapkan agar semuanya bisa  memenuhi apa yang menjadi Syarat dan ketentuan kami di kantor ini.

Selain itu,syarat dan ketentuan itu antara lain : 

1. Foto Kopi KTP Pasangan Calon masing-masing 

2. Foto Kopi Kartu Keluarga (KK) masing-masing 

3. Melengkapi Dokumen Resmi seperti NA 1 sampai NA 6 yang diambil dari Kantor kami dan ditandatangani oleh Kepala Desa masing-masing 

4. Melengkapi Uang Rp 600.000 bagi siapapun yang akan menikah diluar dari Kantor

5. Dan apabila menikah didalam maka tidak dikenakan Biaya hanya diwajibkan membawa 1 buah Al-Quran. Dll.

Dengan Syarat tersebut menurut KUA harus di penuhi oleh Catin apabila salah satu dari Syarat itu tidak terpenuhi, maka Dokumen tersebut dinyatakan tidak lengkap. Dan diharapkan untuk melengkapinya karena Sistem nya pun tudak dapat menerimanya apalagi saat ini dikerjakan secara Online.

KUA berharap agar membaca baik-baik aturan itu,dan kepada Para Pegawai untuk selalu bekerja sesuai dengan SOP tanpa harus memandang Bulu antara Satu dengan yang lainnya. Demikian juga kepada Pegawai dalam menjalankan tugas selalu ingat terutama Disiplin Waktu dan seterusnya. Harapnya.

Sementara itu ditemui oleh Awak Media ini Usai Menerima Pengarahan dari Kepala KUA Kecamatan Soromandi, Mira mengatakan apa yang disampaikan oleh Bapak Aji Tadi akan kami terapkan di Masyarakat terutama kami dituntut untuk Belajar,memahami,dan aplikasikan Al-Quran sebagai rahmatan Lil Alamin. Katanya.(Team MDG).

Load disqus comments

0 komentar