Kampus STKIP Bima Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Dosen dan Staf Pendidik


Kota Bima, Media Dinamika Global. Id. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (STKIP) Bima, Laksanakan vaksinasi pertama bagi 98 Dosen, Staf 34 orang, tenaga pendidik (Dosen), baik Dosen tetap maupun Dosen tidak tetap, Rabu, (04 Agustus 2021).

Pemberian vaksin ini dilaksanakan di halaman Kampus STKIP Bima Kelurahan Sadia, Kecamatan Mpunda Kota Bima.

“Vaksinasi ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran infeksi Covid-19, tercatat 98 Dosen, dan Staf 34 orang yang melakukan vaksinasi yang berasal dari Prodi : 

Prodi : Pendidikan Biologi

Prodi : Pendidikan Ekonomi

Prodi : Pendidikan Fisika

Prodi : Pendidikan Kimia

Prodi : Pendidikan Sosiologi

Prodi : Pendidikan Matematika, dan 

Prodi : Pendidikan Bimbingan Konseling, (BK)

Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” Kata Herman, M.Pd, Ketua Puket II STKIP Bima.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui para dosen sebelum mendapat penanganan vaksinasi. 

Langkah pertama adalah melakukan pengisian data diri, setelah sebelumnya para dosen mendapatkan informasi jadwal vaksinasi. Semua peserta wajib mengisi tautan dari Dinas Kesehatan Kota Bima atau Petugas Covid-19. 

Kemudian pada hari ini pelaksanaan Vaksin tahap Pertama, peserta melakukan registrasi di Loket pendaftaran panitia Covid-19, dan selanjutnya melaksanakan screening kondisi kesehatan, pengukuran tekanan darah dan suhu tubuh oleh tenaga kesehatan.

Setelah kondisi yang bersangkutan dinyatakan layak untuk menerima vaksinasi, peserta menunggu sebelum dipanggil masuk ke ruang vaksin.

Setelah selesai divaksin, para Dosen dan Staf belum diperkenankan pulang karena harus menunggu sampai 30 menit guna melihat reaksi vaksin di dalam tubuh. 


Jika tidak ada keluhan, mereka akan diperiksa lagi guna mengecek tekanan darahnya. “Pemeriksaan setelah 30 menit vaksin ini bermanfaat untuk melihat kondisi pasien setelah mendapat vaksin, bila terdapat gejala yang tidak diinginkan, maka bisa dilakukan upaya-upaya penanganan terhadap hal tersebut,” ujar Herman Puket II STKIP Bima.

Setelah itu, para Dosen dan Staf akan mendapatkan tanda bukti sudah menerima divaksin.

"Berdasarkan hasil sweb, screening, dan Vaksin oleh petugas, Alhamdulillah Dosen dan Staf di STKIP Bima semua Positif, walaupun satu atau dua orang ditunda dikarenakan Flu dan batuk-batuk, dan akan divaksinasi tahap lanjutan". Tutup Herman. (Team MDG ).

Load disqus comments

0 komentar