Kemenkes Tegaskan Vaksinasi Gotong Royong Individu Berbayar Sifatnya Tidak Wajib


Jakarta. Media Dinamika Global. Id. Vaksinasi gotong royong ini sifatnya tidak wajib dan tidak menghilangkan hak masyarakat untuk memperoleh vaksin gratis melalui program vaksinasi pemerintah. Dari sisi pelaksanaannya, vaksinasi gotong royong ini tidak akan mengganggu vaksinasi program pemerintah, karena ada perbedaan mulai dari jenis vaksin, fasilitas kesehatan, serta tenaga kesehatan. Seperti dikutip dari TVRINews.

“Kami sampaikan dan kami tegaskan kembali bahwa vaksinasi gotong royong individu ini adalah sifatnya sebagai salah satu opsi dalam rangka memperluas, mempercepat, dan mendekatkan akses untuk layanan vaksinasi,” kata dr. Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan dalam keterangan resmi yang diterima TVRINews.com, Rabu (14/7/2021).

Saat ini, Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Biofarma Persero sedang bersama-sama menyiapkan petunjuk teknis untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi gotong royong individu dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

Nadia mengatakan fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melaksanakan vaksinasi gotong-royong individu diminta untuk menunggu dulu dikeluarkannya petunjuk teknis pelaksanaan.

PT Biofarma selaku distributor yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan vaksin Covid-19 diminta berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan dan pendistribusian vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi gotong-royong individu.

“Kami juga meminta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota untuk menunggu petunjuk teknis yang akan segera ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebelum memberikan User ID kepada fasilitas pelayanan kesehatan yang melayani vaksinasi gotong-royong individu,” ujar Nadia 

Kemudian, Nadia menjelaskan semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi akan semakin cepat pelaksanaan vaksinasi itu, maka laju penularan akan cepat dikendalikan. Termasuk situasi yang saat ini terjadi lonjakan kasus, maka percepatan vaksinasi adalah salah satu strategi untuk menurunkan laju penularan Covid-19.

Jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong individu hanya menggunakan vaksin merk Sinopharm, sementara vaksin program pemerintah menggunakan merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax, termasuk juga vaksin Sinopharm hibah dan vaksin Moderna yang juga hibah dari COVAX Facility.Editor: Dadan Hardian.Penulis: Christhoper Natanael Raja.(Tim MDG).

Load disqus comments

0 comments