BPK Temukan Kerugian Negara Ratusan Juta Rupiah, Terhadap Pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global.Id. Pembangunan terus di upayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bima dalam memaksimalkan pelayanan publik, salah satunya Pembangunan Perpustakaan Daerah pada tahun 2021 lalu, dengan Anggaran sebesar Rp. 8.272.000.000. Minggu, (12/06/22)

Akan tetapi dalam Pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima pada tahun 2021 lalu, yang dikerjakan oleh PT. Sahabat Karya Sejati tersebut kini bermasalah.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) NTB, menemukan penyimpangan pada fisik Bangunan tersebut, pasalnya ada kelebihan pembayaran yang di nilai merugikan Keuangan Daerah Ratusan Juta Rupiah.

Terkait hal ini, diketahui ketika BPK memeriksa fisik Bangunan bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut, Inspekorat Bima, Kontraktor, dan Konsultan Pengawas, tanggal 18 Februari 2022 lalu.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut terdapat kekurangan Volume pekerjaan yakni pada pengerjaan beton, dan pada baja, dalam rinciannya, kekurangan pemasangan bata, plasteran, acian, pengerjaan beton, kusen, daun pintu, jendela, atap, plafon, sanitasi dan papan nama Kantor.

Kekurangan Volume tersebut terjadi karena kesalahan dalam perhitungan Volume pekerjaan terpasang, total kekurangan Volume pekerjaan sebesar Rp. 366.421.973,20, sebut BPK NTB seperti dikutip dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Kabupaten Bima tahun 2021.

Menanggapi hal demikian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah A. Salam Gani menjelaskan, pada hakekatnya dapat menerima temuan tersebut, dan kami akan menindaklanjuti kelebihan pembayaran tersebut, atau kekurangan Volume pekerjaan. Pungkas A. Salam Gani pada Auditor BPK yang di kutip dari (LHP BPK). (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar