Wabup Dahlan Pimpin Apel Gelar Pasukan "Operasi Lilin Rinjani 2021"


Bima-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Kepolisian Resort Bima menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi  Lilin Rinjani 2021, Kamis (23/12/2021) bertempat di Lapangan Apel Polres Bima  dan bertindak sebagai pimpinan Apel Wakil Bupati Bima, Drs. Dahlan M. Noer.

Hadir pada Apel Gelar pasukan ini, Kapolres Bima Kabupaten AKBP. Heru Sasongko, SIK, Kepala Staf Kodim 1608 – Bima, Mayor Inf. Yudha Bhakti Irawan, Wadanyon Sat Brimob Den A Bima, Unsur FORKOPIMDA dan Kepala Perangkat Daerah terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima.

Wakil Bupati yang membacakan Amanat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo M.Si, mengatakan, "Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan Perayaan Natal tahun 2021 dan tahun Baru 2022, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemerintah daerah dan mitra Kamtibmas lainnya". Kata Wabup merilis pernyataan Kapolri.

Kepada para personel apel gelar  Dahlan menyampaikan sejumlah pesan,  Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Wabup juga mengingatkan agar personel yang bertugas melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system. Disamping melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Pada bagian akhir,  Wabup  menginstruksikan agar memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Serta tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih. 

Selama sepuluh hari,   Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 mulai dari tanggal 24 desember 2021, hingga 2 januari 2022, dengan melibatkan sebanyak 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya, yang disebar pada 1.607 pos pengamanan di seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2021 ini, di ikuti oleh Satu peleton personil  Kodim 1608/Bima, Satu Peleton Personil Brimob Den A Bima, Satu Peleton Dalmas, satu peleton Patmor, Satu peleton Sat Lantas, Satu peleton gabungan staf, Satu peleton Gabungan Sat Intel, Sat Reskrim dan Sat Narkoba, satu peleton Sat Pol PP, BPBD, dan Basarnas.(MDG.01).

Load disqus comments

0 komentar