Ketua Poktan Mpiri Dempa II Desa Sampungu Terus Rajut Kebersamaan dengan Gotong Royong


Sampungu. Media Dinamika Global. Id.-Ketua Poktan Gempa II Desa Sampungu Ruslan tak akan pernah bisa melupakan Tradisi yang menjadi Kebanggaan bagi suatu Desa yang namanya Desa Sampungu Kec.Soromandi Kab.Bima. Biasanya pada setiap Musim Tanam dan Musim Panen Kegiatan tersebut dirajut dan Lestarikan karena pendahulu kita dulu Terus merawat dan Rajut Kebersamaan dengan cara Gotong Royong pada Ahad, (19/12)

Sekitar Puluhan Orang sejak Pagi Pukul 08.45 Wita hingga Pukul 04.00 Wita sore hari,para pekerja selalu melakukan Kegiatan seperti ini apalagi di bina oleh Ketua Kelompok Taninya agar setiap Orang yang tergabung dalam Kelompok itu bisa melakukan pekerjaan ini dengan Patungan atau Gotong Royong dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kelompok tani Mpiri Dempa ll Desa Sampungu dengan Luas lahan 75 Ha yang diketuai oleh Ruslin ini sungguh menarik sekali. Pasalnya setiap tahun baik pada musim Tanam atau Musim Panen selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan cara Patungan atau Bergotong royong. Dengan cara ini seberat apapun Pekerjaan nya pasti jadi Ringan,Bayangkan saja dari jumlah Kelompok Puluhan Orang lalu kemudian Luas lahan mencapai 75 Ha.

Luas lahan ini menjadi titik klimaksnya, karena kelompok itu sengaja dibentuk agar dapat merajut kebersamaan dengan selalu bergotong royong untuk memudahkan pekerjaan ini bisa selesai dengan cepat dan tepat. Kondisi ini merupakan pilihan bagi Kelompok kami dalam rangka menumbuh kembangkan Tradisi leluhur para Pendahulu kita dulu.

Dulu orang tua kita tidak diberikan gaji atau Upah seperti jaman sekarang, dulu hanya mengandalkan Tenaga kemudian Makanan seadanya jika dibandingkan sekarang sungguh sangat jauh sekali. Tapi sebagai Ketua Kelompok tentunya merasa bersyukur saja karena masih ada Warga Kelompok yang mau memupuk dan melestarikan Budaya Gotong Royong sebagaimana Pendahulu kita telah melakukannya. Tuturnya

Ruslin juga menuturkan sejak beberapa Tahun ini di Kelompok Mpiri Dempa II ini terus kami dorong untuk bekerja sama, dengan Motto " Berat sama di Pikul, Ringan sama di Jinjing ". Dengan Motto ini menunjukkan tentang makna dan pentingnya Gotong Royong itu.

Untuk itu,kami sangat mengharapkan kepada Masyarakat untuk mari kita terus memupuk kebersamaan ini sampai selamanya,dan kepada Pemerintah untuk melirik kegiatan Kelompok Tani ini termasuk bagaimana cara menanam yang benar,memupuk,menyemprotkan Tanaman yang baik,jika tidak keberatan untuk membantu mengakomodir Sarana Penunjang untuk Kelompok ini agar semangat kebersamaan jauh lebih baik dari sebelumnya. Harapnya

Sementara hal senada di sampaikan oleh Kepala Desa Sampungu melalui Kaurnya Husain,S.Pd mengatakan bahwa memang selama beberapa tahun terakhir ini Kelompok Asuhan Bang Ruslin sapaan akrabnya kerap kali menjadi atensi khusus bagi kami di Kantor Desa,Kecamatan,dan Kabupaten dan Bahkan Provinsi. Selama ini Kelompok yang satu ini paling aktif diantara kelompok yang ada di Desa Sampungu ini,dan tentunya kami sangat apresiasi terhadap Kinerja Kelompok Tani tersebut.

Dan kami sangat berharap agar kebersamaan ini jangan hanya sesaat saja,namun jadikan Kebersamaan itu adalah Tradisi yang sulit untuk dilupakan. Coba lihat Mottonya,Motto Kelompok itu harus diaktualisasikan dalam bentuk nyata,jangan hanya simbolitas yang hanya sesaat saja. Harapnya.(***).
Load disqus comments

0 comments