Walikota Bima Resmikan MTQ XV Tingkat Kota Bima 2021


Walikota Bima-Ntb, Media Dinamika Global.Id -- H.Muhammad Lutfi S.E membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an  (MTQ) yang ke XV Tingkat Kota Bima yang dilaksanakan di Masjid Abu Dzar Al Ghifari Pesantren Al Husainy Kota BIMA, senin ( 22/ 11 ). Turut hadiri dalam acara Kapolres Bima Kota, Dandim 1608, Depag Kota Bima, Pengasuh Ponpes Al Husainy Kota Bima  beserta Kepala OPD yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut. 

Bahwa pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan rutin Pemkot Bima yang bertujuan untuk menyaring qori-qori terbaik Kota Bima.

Peserta MTQ ke - 15 Tingkat Kota Bima tahun 2021 terdiri dari utusan 5 kecamatan se-Kota Bima yang terdiri dari golongan Tartil sebanyak 10 orang, anak-anak 10 orang, remaja sebanyak 10 orang, dewasa 10 orang, Tahfiz Qur’an 1 juz sebanyak 10 orang, Tahfiz 5 juz 10 orang, sehingga jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Pada kesempatan tersebut Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar MA menyampaikan terimakasih kepada pengurus Baznas Kota Bima telah turut berkontribusi dengan memberikan sejumlah hadiah khusus kepada setiap peraih Juara 1 untuk masing- masing cabang sebesar 1 Juta rupiah, beasiswa bagi juara 1 Tahfiz Quran 1 juz., Juara 1 Tahfiz Quran 5 juz untuk melanjutkan hafalan agar mancapai 30 juz yang Insya Allah akan dikirim pada Pondok Pesantren Al-Ihsiah Mataram dengan biaya 1,5 juta perbulan.

Waktu dan tempat pelaksanaan MTQ berlangsung selama 5 hari dimulai tanggal 22 sampai dengan tanggal 26 november 2021 bertempat di Masjid Abu Dzar Al Ghifari pesantren Al Husainy kota Bima dengan pelaksanaan berlangsung pada waktu siang dan malam hari. 

Acara juga diisi dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Walikota Bima sesuai SK Walikota Bima nomor 188.45/360/400/9/2021 tanggal 21 september 2021 pada MTQ ke- 15 Tingkat Kota Bima tahun 2021.

Dalam sambutannya, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE mensyukuri atas kondisi terbaru masyarakat Kota Bima terkait dengan angka penuruan Covid-19. Semua berkat kebersamaan dalam berjuang. Sehingga turut mempengaruhi kesuksesan dan terlaksananya acara MTQ Kota Bima ke -15. 

Walikota mengenang kembali masa kebersamaan dan berjuangnya bersama mendiang almarhum TGH. H. Ramli H. Ahmad dalam turut mendukung perjuangan Pesantren Al Husainy dimana sebelumnya dirinya masih menjabat sebagai anggota DPR RI. 

Ditambahkan adanya informasi kampus IAIN akan segera didirikan di Kota Bima di tahun 2022 lengkap dengan penganggarannya, semua berkat kerjasama antara Pemerintah Kota Bima bersama anggota DPR RI H. M. Syafrudin, ST, MT.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Bima menyinggung masalah pentingnya menjaga lingkungan. 

“Mari kita tetap menjaga kelestarian hutan,” imbaunya. Sebagaimana sebelumnya dirinya telah melaksanakan rapat kordinasi bersama Forkopimda dengan meraih beberapa kesepahaman bersama tentang kiat dalam menangani beberapa isu stategis diantaranya penghentian dan penutupan jalan tani baru, tidak adanya perluasan perambahan hutan lebih-lebih dalam area kawasan sebab akan mendapat sanksi tegas, penanaman kemiri sebesar 2000 hektar, SPPT yang tidak relevan akan dicabut, serta hal hal lainnya yang sangat diperlukan untuk segera diambil tindakan.

“Semuanya dihajatkan agar jauh dari ujian dan bencana sebagaimana sebelumnya banjir yang telah menimpa ditahun 2016. Ini juga merupakan bagian dari upaya keras menyelamatkan titik mata air yang sebelumnya sebanyak 120 titik kini hanya tersisia 20 titik mata air, agar sumber kehidupan kita terjaga dan terselamatkan serta hadiah kita untuk anak cucu kelak ”, tambahnya.

Bagi Walikota Bima kerjasama dan bahu-membahu adakah hal utama, sinergesitas antara masyarakat dan pemerintah Kota Bima adalah energi dan kekuatan membangun daerah ini. 

“Persatuan adalah segalanya, cara selamatkan dan majukan kota kita tercinta ini”, pungkasnya.

Kaitan keagaaman, dalam pandangan H.Muhammad Lutfi, SE merupakan salah satu prioritas utama. Dimana didalamnya akan tumbuh nilai-nilai dasar yang akan membentuk generasi Kota Bima kedepan. Sehingga selama ini selalu bantuan kepada mesjid begitu besar dan tidak sedikit, itu merupakan komitmen nyata Pemerintah Kota Bima dalam hal dukungan keagamaan. 

Usai dibukanya acara secara resmi, diakhiri dengan pemukulan beduk oleh Walikota Bima sebagai penanda dibukanya MTQ Kota Bima ke-15 tahun 2021.(MDG.001).

Load disqus comments

0 komentar