Lana Koentjoro Apresiasi Kerjasama PIM dan Pertamina Foundation


JAKARTA, Media Dinamika Global.Id --  Perempuan Indonesia Maju (PIM) bersama Pertamina Foundation sepakat mendorong kaum perempuan yang tergabung dalam kelompok UMKM, bangkit melawan pandemic covid-19. Kerjasama kedua Lembaga tersebut tertuang dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Ketua PIM Lana Koentjoro dan President Director Pertamina Foundation, Agus Masud, di Jakarta, Rabu (24/11/21).

Menghadapi beban ekonomi pasca pandemic Covid-19, PIM  dan Pertamina Foundation melihat Kerjasama ini sebagai peluang untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemic covid-19. Salah satu aspek yang menjadi perhatian ke dua lembaga ini, menghidupkan kembali sendi-sendi ekonomi melalui kewirausaha kelompok perempuan, lewat coaching series kewirausahaan yang meliputi,  Pengembangan Kewirausahaan, Pengenalan Teknologi pendukung usaha e-commerce, Jaringan Usaha, serta Event festival atau Web Contest Product.

Ditemui di Kelapa Gading, Lana Koentjoro Ketua Perempuan Indonesia Maju, menjelaskan kesepakatan yang tertuang dalam MoU meliputi Kerjasama Program PF Womenpreneurship Coaching Series yang bertujuan mengembangkan kewirausahaan UMKM Perempuan yang unggul, modern, berdaya saing, memiliki jaringan dan sinergi dengan dunia usaha terutama untuk akses permodalan dan pemasaran.

“Ini merupakan kelanjutan dari misi Perempuan Indonesia Maju sebagai upaya penguatan kapasitas dan kompetensi UMKM Perempuan Indonesia untuk para anggota  dan sahabat organisasi PIM’, tutur Lana Koentjoro yang juga Penasehat perkumpulan Media Online Indonesia (MIO).

Lanjut wanita murah senyum berdarah Manado, dengan mengikuti  coaching series  diharapkan para UMKM Perempuan yang kergabung di PIM dapat mengembangkan kualitas produk menjadi premium dan berorientasi pada export. Lewat jaringan divisi sosial budaya dan pariwisata PIM di USA dan Eropa diharapkan produk UMKM perempuan bisa menerobos pasar internasional.

Mengakhiri perbincangannya Penasehat MIO INDONESIA yang selalu tampil energik, mengapresiasi Pertamina Foundation yang bersedia membantu UMKM Perempuan Indonesia dalam usaha bangkit dari keterpurukan pasca Covid-19. Harapannya kedepan langkah ini bisa diikuti BUMN yang punya kepedulian terhadap kondisi bangsa saat ini.  Dirinya berharap jaringan Media Online yang tergabung di MIO bisa diberi peran dalam mewartakan informasi seperti ini.

Women Leaders  adalah motor penggerak bagi anggotanya untuk secara bersama-sama lebih ulet dan kreatif mengembangkan kewirausahaan untuk sukses bersama. Untuk itu UMKM Perempuan seperti Perempuan Indonesia Maju diyakini akan menjadi  motor  perubahan promosi usaha rumah tangga serta menjadi UMKM modern yang optimal memanfaatkan sarana-prasarana teknologi dan media sosialnya”, ujar President Director Pertamina Foundation, Agus Masud.

Pertamina Foundation dan perempuan Indonesia Maju  melihat tantangan ini sebagai  peluang untuk menghidupkan kembali ekonomi melalui kewirausahaan kelompok perempuan dan melengkapinya dengan coaching series kewirausahaan, lanjut pria peraih The Best CEO 2020 (kategori Corporate Foundation).

Dengan mengikuti coaching series, fasilitas yang akan didapat oleh peserta adalah  paket serial pelatihan secara online (e-learning), mentoring dari expertice (ekspertis), fasilitas jejaring usaha bersama pengusaha sukses, pameran produk secara online (daring), akses permodalan dari program kemitraan BUMN Pertamina, serta reward (apresiasi) bagi yang terbaik.

“Coaching Series ini merupakan bagian dari program PIM bidang ekonomi, khususnya di UMKM di samping Start Up & Investasi. Diharapkan lewat program iniPerempuan Indonesia Maju  bisa mengedukasi / melengkapi para wirausaha perempuan yang berkontribusi terhadap recovery ekonomi Indonesia”, timpal Wakil Ketua Umum  Bidang Ekonomi PIM, Lisa Zen Purba, yang juga salah satu penggiat UKM Perempuan.(MDG.001).

Load disqus comments

0 komentar