Kapal Patroli Baru Bakamla Diklaim Tercepat Se-Indonesia, Beroperasi Amankan Selat Malaka


TNI AL. Media Dinamika Global. Id. Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa, secara resmi masuk jajaran kapal patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC 32-02 ditandai dengan penekanan sirene dan pengguntingan pita dalam suatu rangkaian acara peresmian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepri, Kamis (4/11/21).

Adapun spesifikasi Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots (120,38 km per jam) dan akomodasi enam orang.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan kapal HSC ini merupakan kapal kedua dimiliki Bakamla RI, dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir selat Malaka yang selain berbatasan dengan negara tetangga juga sangat terbuka sehingga memiliki potensi ancaman penyelundupan.

Menurutnya, karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi sehingga untuk menghadapinya diperlukan aset patroli yang memiliki kecepatan tinggi pula.(Team).

Load disqus comments

0 comments