Pemerintah Putuskan PON XX Papua Tetap Digelar


Jakarta. Media Dinamika Global. Id. Pemerintah memutuskan untuk tetap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021 mendatang meski kasus Covid-19 belakangan ini sedang melonjak tajam.TVRINews

Dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan persiapan PON berjalan baik dan sesuai progres, berdasarkan laporan dari Kementerian/lembaga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan pihak yang terkait lainnya.

Zainudin mengatakan dari sisi para atlet, semua sudah divaksin sesuai amanat yang disampaikan Jokowi waktu lalu. Untuk infrastruktur seperti venue pertandingan juga disebutkan berjalan sesuai progres. 

"Dari sisi peralatan, baik peralatan yang disiapkan Kemenpora untuk 26 cabang olahraga semua dalam proses. Dipastikan akhir Agustus semua sudah ada di Papua dan terpasang, kata Zainudin dalam keterangan resmi yang diterima oleh TVRINews.com, Rabu (14/7/2021).

Ia melanjutkan 13 cabang olahraga yang pengadaanya dilakukan oleh APBD atau PB PON semua berjalan baik. Sementara, untuk penyelenggaraan Peparnas XVI ada di dua tempat, yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Untuk tempatnya nanti memakai bekas PON XX, hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 1.935 atlet," ujar Zainudin.

Zainudin juga memastikan semua atlet yang akan ikut PON harus mendapatkan vaksin. Ia mengatakan jumlah vaksin Covid-19 di Papua akan ditambah, selain atlet, juga diberikan kepada kontingen lainnya dan tentunya masyarakat di sana. 

“Untuk pertandingan akan disaksikan oleh penonton atau tidak belum diputuskan. Dari keamanan, kita akan mendapat dukungan penuh dari Kapolri dan Panglima TNI,” tutur Zainudin.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono menyampaikan semua yang terkait venue sudah berjalan sesuai dengan progres. 

Ia menjelaskan ada venue yang sebagian dikerjakan oleh Pemprov Papua, seperti Stadion Bangkit untuk GOR acara pembukaan dan penutupan pengerjaanya sudah selesai. 

"Yang dikerjakan Kementerian PU PR ada 8 venue, 5 sudah selesai 100 persen, seperti Aquatik, Istora (untuk beberapa cabor), Kriket, Hoki Outdoor dan Indoor, trek olahraga bermotor di Merauke,” kata Basoeki.

“Semua sudah diserahkan ke Pemprov untuk pemeliharaan dan perawatanya. Venues sedang dikerjakan dan selesai akhir juni, Sepatu Roda, Panahan dan Dayung (95,8 persen)," ujar Basoeki menambahkan.Editor: Dadan Hardian.Penulis: Christhoper Natanael Raja.(Tim MDG).

Load disqus comments

0 comments