Laksanakan kegiatan Seminar Program, Mahasiswa KKN STIT Sunan Giri Bima Angkatan ke 25 tahun 2021 di Tambora


Kananga. Media Dinamika Global. Id. Pelaksanaan kegiatan Seminar Program, Mahasiswa KKN STIT Sunan Giri Bima angkatan ke 25 tahun 2021, yang diselenggarakan di aula Kantor Desa Labuhan Kananga pada tanggal 5 Juli 2021, tepatnya pada pukul 8:30 wita dan berakhir pada pukul 11:45.

Dalam pelaksanaan seminar program, Pak Kades menyampaikan sambutanya, dalam sambutan beliau , menegaskan bahwa dalam menjalankan program ini utamakan pendidikan agama yang harus ditanamkan kepada anak anak pemuda dan remaja, kemudian pak kades diakhir sambutanya beliau mengucapkan terima kasih dan rasa bangga dengan kehadiran adik adik Mahasiswa KKN, ini Rahmat bagi kita semua khususnya desa labuhan kananga.

Adapun program yang akan direncanakan. 

1. Keagamaan terdiri atas 4 macam kegiatan

a. Penuntasan baca al-qur,an 

b. Kajian majelis ta,Lim

c. Yasinan malam Jum,at

d. Pembinaan pembelajaran sholat.

2. Pendidikan terdiri atas 2 macam

a. Literasi

b. Pelatihan administrasi

3. UMKM terdiri atas 3 macam

a. Pembinaan pembuatan produk makanan 

B. Pengenalan produk UMKM

c. Penguatan ekonomi kreatif

4. Pariwisata terdiri atas 2 macam.

a. Penyiapan layanan promosi

b. Mengedukasi dan kesadaran masyarakat terhadap wisata. 

Jenis KKN ini adalah KKN PAR par tisipation  action  researc 

KKN par ini, bertujuan untuk mencari dan menggali informasi di masyarakat setempat terkait dengan sejarah dan masalah masalah yang terjadi di kehidupan sehari hari.

Setelah mendapatkan informasi kemudian melakukan analisis terhadap masalah yang terjadi di masyarakat, 


Proses tersebut dilakukan secara terus menerus dalam rangka memperdalam, memperkaya, mempertajam data data yang di peroleh dari lapangan. Menggali potensi yang dimiliki masyarakat melalui pembelajaran yang efektif dengan melibatkan masyarakat sebagai subyek pemberdayaan.

Mahasiswa sebagai fasilitator, mediator untuk menggerakkan masyarakat melalui belajar bersama.

Masyarakat mengaktualisasikan kemampuan dan potensinya, sementara mahasiswa memperoleh ilmu dari masyarakat dari proses pembelajaran tersebut.

Selanjutnya mahasiswa bersama masyarakat menyelesaikan masalah secara bersama sama, yang bertujuan agar masyarakat dapat meyelesaikan masalahnya sendiri dengan melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator dan mediator bukan sebagai aktor atau pelaku dalam menyelesaikan masalah. 

Posko 4 bertempat di desa labuhan kananga dusun Mada oi.

Peserta yang mengikuti kegiatan mulai dari kepala desa, ketua bpd, kepala dusun Nanga Na,e, dusun Mada oi, dusun Sarae, kepala dusun sori Sumba.

Ketua RT/RW, pemuda, mahasiswa, ibu PKK, ketua MUI, kepala Kapolsek, polpp, remaja masjid. Yang terlibat langsung.(Anang MDG).

Load disqus comments

0 comments