AMPERA Demo Kantor Desa Rasabou, Tuntut Transparansi Dana Desa


Bima-Ntb. Media Dinamika Global.id - Aliansi Masyarakat Pemuda Rasabou (AMPERA) melakukan demo didepan Kantor Desa Rasabou, masa aksi menuntut transparansi APBD tahun 2020, sebelumnya sempat dilakukan Audiensi selama dua minggu, namun Pemdes tidak mampu  memberikan transparansi Keterbukaan Infomasi Publik (KIP) dan Pemdes tidak menindak lanjuti ketimpangan yang berada di Pemdes Rasabou itu sendiri. Kamis, 18 Maret 2021.

Doni selaku Korlap menyampaikan, ketidak adanya transparansi dalam pelayanan Pemdes ketika dia melakukan Audiensi sebelumnya dan ditanggapi langsung oleh BPD," Ungkapan Doni pada orasinya.

Lanjut Doni, "Ironisnya, Dirinya mendapatkan jawaban kalian tidak memiliki hak untuk mengetahui mengenai APBD dan sebagainya," Ujarnya.

"Merasa tidak terima atas tanggapan BPD dan kecewa dengan Pemdes, makanya aksi ini dilakukan. Pasalnya, hal itu tak sesuai dengan Undang-Undang keterbukaan publik pengelolaan dana desa," tambahnya.

Adapun tuntutan masa Aksi ada 8 tuntutan sebagai berikut :

1. Keterbukaan sistimatis Publik

2. Dugaan penyelenggaraan hasil penjualan aset Desa( Mobil Pengangkut Sampah)

3. Data KPM tidal tepat sasaran

4. Dugaan penungutan liar

5. Dugaan penyalah gunaan anggaran penanganan bencana/ covid-19.

6. Meminta klarifikasi penggunaan anggaran pentelenggaraan festival kesenian, adat/ kebudayaan dan keagamaan ( hut RI. Hari besar keagaamaan) dan lain-lain senilai Rp. 79.800.00, 

7.meminta klarifikasi penggunaan anggaran pemeliharaan sumber air milik desa (Mata air, Penampung Air, Sumur, Bor) senilai Rp. 68.150.00.

8. Meminta penyelenggaraan indormasi keterbukaan publik desa (Poster Baliho)

Dari 8 tuntutan yang di paparkan langsung di tanggapi oleh Kepala Desa Rasabou Suadin Dalam hal itu hanya menjawab beberapa tuntutan dari masa aksi yang mengharuskan Korlap melanjuti orasinya, bahwasalnya ketidak singkronisasinya jawaban dari KADES Rasabou dalam mengaagapi anggaran yang di Tuangkan di dalam, Situs Kemetrian Desa, dari Data yang ada sebesar Rp. 68.150.000 dari tuntutan pada Poin 7, itu tidak sesuai dengan apah yang di sampaikan oleh Kades Rasabou sebesar Rp. 60.000.000," Beber Doni.

Demkian pantauan sementara Media ini, hingga berita diturunkan, Demo masih berlangsung. (MDG.08).

Load disqus comments

0 comments